Sabtu, 03 Maret 2012

Tips Mempercepat Menstruasi untuk Penderita Telat Datang Bulan

Pola menstruasi tiap wanita berbeda-beda. Ada orang-orang tertentu yang mengalami menstruasi setiap dua bulan atau tiga bulan sekali. Ada juga yang biasanya mengalami menstruasi secara teratur namun tiba-tiba tidak mengalami mens selama satu bulan. Sebaiknya tidak usah terlalu khawatir dengan masalah tersebut karena hal tersebut cenderung normal yang biasanya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kondisi tubuh yang terlalu capek, hormon dalam tubuh mengalami perubahan sehingga terjadi perubahan siklus mens, psikologi yang tidak stabil karena pengaruh stress, dan berat badan yang tidak ideal (kurus).
Di bawah ini beberapa tips agar bisa merangsang datang bulan (menstruasi):

  1. Istirahatlah secukupnya. Tidur malam teratur dan minimal 8 jam sehari.
  2. Jaga pola makan agar kebutuhan nutrisi tercukupi. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran, daging, dan buah. Anda juga mengkonsumsi makanan yang bisa membantu pemulihan kadar hormone di dalam tubuh seperti kacang-kacangan, terutama kacang kedelai.
  3. Hindari pikiran-pikiran yang bisa menimbulkan stress.
  4. Apabila masih tidak juga datang menstruasi, terapi obat juga bisa digunakan. Obat yang digunakan biasanya adalah obat-obat hormonal seperti, pil KB POSTINOR ataupun dengan CYCLOPROGINOVA. Karena obat tersebut kandungannya adalah hormone yang bisa membantu memulihkan siklus hormone di dalam tubuh.
Namun apabila anda mengalami telat menstruasi sampai 6 bulanan sebaiknya memeriksakan diri ke specialis kandungan, untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

1 komentar:

Posting Komentar